SEMINAR NASIONAL GREENTECH 3, UIN MALANG 10 NOP 2012

Posted on Updated on

STUDI PENDAHULUAN PEMBUATAN E-JOURNAL ONLINE MENGGUNAKAN OPEN JOURNAL SYSTEM – CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (OPEN JOURNAL SYSTEM – CMS) PADA JURNAL INTERNAL JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI POLITEKNIK NEGERI JEMBER

Denny Trias Utomo, S.Si, M.T

Jurusan Teknologi Informasi Program Studi Teknik Komputer Politeknik Negeri Jember

e-mail: denny.trias@gmail.com

ABSTRAK

Kebutuhan tentang penerbitan karya tulis ilmiah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh peneliti, pendidik dan mahasiswa sekarang ini. Kelangkaan adanya jurnal karya tulis ilmiah terakreditasi menyebabkan karya ilmiah yang semestinya bisa dipublikasikan dengan cepat menemui kendala yang signifikan. Studi pendahuluan ini bertujuan melakukan studi awal terhadap kebutuhan pembuatan dan menyusun tahap-tahap pembuatan jurnal online di Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Jember. Berdasarkan studi terhadap literature maka digunakanlah metode prototyping untuk membuat ejournal. Kesimpulan yang dihasilkan dari studi pembuatan ini adalah pembuatan Jurnal Terakreditasi yang online menggunakan system e-journal menggunakan OPEN JOURNAL SYSTEM

Kata kunci: e-journal, Open Journal System

 

PENDAHULUAN

Kebutuhan tentang penerbitan karya tulis ilmiah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh peneliti, pendidik dan mahasiswa sekarang ini. Berdasarkan Pedoman Beban Kinerja Dosen dan Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar mempersyaratkan seluruh Publikasi Karya Tulis Ilmiah harus dipublikasikan secara online (DIKTI, 2009)

Sementara itu Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI) Sri Hartinah mengatakan,

“Jumlah jurnal ilmiah nasional terakreditasi yang dimiliki Indonesia masih sangat rendah. Dalam catatan LIPI, hingga saat ini, jumlah jurnal ilmiah (cetak) di Indonesia hanya sekitar 7.000 buah. Dari jumlah tersebut, hanya 4.000 jurnal yang masih terbit secara rutin, dan sedikitnya hanya 300 jurnal ilmiah nasional yang telah mendapatkan akreditasi LIPI” (PDII-LIPI,2012)

Atas dasar pemikiran diatas, maka penulis mempunyai ide untuk membuat sebuah studi pendahuluan tentang pembuatan jurnal jurusan Teknologi Informasi dengan nama JURNAL INTERNAL, yang bisa diakses online menggunakan system CMS (Content Management System).

Berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh PDII-LIPI, system ejournal yang layak untuk dipakai adalah OPEN JOURNAL SYSTEM versi 2.3.6 yang diproduksi oleh PKP.

METODE, ALAT, DAN BAHAN
Metode

Dalam bukunya software Engineering a Practitioner’s approach 5th edition Presmann mengatakan,

The prototyping paradigm (Figure 3.1) begins with requirements gathering. Developer and customer meet and define the overall objectives for the software, identify whatever requirements are known, and outline areas where further definition is mandatory. A “quick design” then occurs. The quick design focuses on a representation of those aspects of the software that will be visible to the customer/user (e.g., input approaches and output formats). The quick design leads to the construction of a prototype.

The prototype is evaluated by the customer/user and used to refine requirements for the software to be developed. Iteration occurs as the prototype is tuned to satisfy the needs of the customer, while at the same time enabling the developer to better understand what needs to be done.

” Paradigma prototyping (Gambar 2.1) dimulai dengan pengumpulan persyaratan. Pengembang dan pelanggan bertemu dan mendefinisikan tujuan secara keseluruhan untuk perangkat lunak, mengidentifikasi kebutuhan apa pun yang diketahui, dan area garis besar dimana definisi lebih lanjut adalah wajib. Sebuah “desain cepat” kemudian terjadi. Desain yang cepat berfokus pada representasi dari aspek-aspek perangkat lunak yang akan terlihat oleh pelanggan / pengguna (misalnya, masukan pendekatan dan format output). Desain cepat mengarah pada pembangunan prototipe. Prototipe ini dievaluasi oleh pelanggan / user dan digunakan untuk memperbaiki persyaratan untuk perangkat lunak untuk dikembangkan. Iterasi terjadi sebagai prototipe untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sementara pada saat yang sama memungkinkan pengembang untuk lebih memahami apa yang perlu dilakukan”.(Pressman,2001)

Secara jelas dapat dilihat pada gambar 2.1

image

Gambar 2.1 Model Prototyping menurut Pressman

Berdasarkan skema model prototyping yang dikemukakan oleh Pressman diatas maka, untuk mengembangkan ejournal system OPEN JOURNAL SYSTEM dibangun dengan model Protoyping.

Berdasarkan ilustrasi pada gambar 2.1 diatas metode prototyuping yang yang digunakan bisa diuraikan sebagai berikut :

1. Pengumpulan kebutuhan : developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya;

2. Perancangan : perancangan dilakukan cepat dan rancangan mewakili semua aspek software yang diketahui, dan rancangan ini menjadi dasar pembuatan prototype;

3. Evaluasi Prototype : klien mengevaluasi prototype yang dibuat dan digunakan untuk memperjelas kebutuhan software. (Informatic Engineering, 2012)

Menurut Informatic Engineering, tahapan-tahapan dalam prototyping tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pengumpulan kebutuhan

Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format seluruh perangkat lunak, mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat.

2. Membangun prototyping

Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berfokus pada penyajian kepada pelanggan (misalnya dengan membuat input dan format output).

3. Evaluasi protoptyping

Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Jika sudah sesuai maka langkah keempat akan diambil. Jika tidak, maka prototyping direvisi dengan mengulang langkah 1, 2 , dan .

4. Mengkodekan system

Dalam tahap ini prototyping yang sudah disepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai.

5. Menguji system

Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, harus dites dahulu sebelum digunakan. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur dan lain-lain.

6. Evaluasi Sistem

Pelanggan mengevaluasi apakah sistem yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan . Jika sudah, maka langkah ketujuh dilakukan,  jika belum maka  mengulangi langkah 4 dan 5.

7. Menggunakan system

Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan.

(Informatic Engineering, 2012)

Alat

Alat yang dipergunakan dalam penyelesaian penelitian ini adalah

1. Web Server Apache

2. Database My SQL

3. Bahasa Pemrograman PHP

4. 1 PC Server

5. Laptop

6. Printer

Bahan

Bahan yang dipergunakan dalam penyelesaian penelitian ini adalah

1. Alat tulis Kantor

2. Data yang dibutuhkan pada pengelolaan jurnal online

HASIL DAN DISKUSI

Tahap pertama, dilakukan pengumpulan data-data kebutuhan yang harus dipenuhi oleh program komputer berlokasi di Laboratorium Komputasi dan Sistem Informasi Politeknik Negeri Jember dengan cara melakukan survey, membagikan form isian kepada pengguna, juga melakukan diskusi dengan pengelola jurnal dan mitra bestari. Pada tahap ini juga didiskusikan kebutuhan database, bahasa pemrograman dan perangkat keras yang diperlukan untuk membangun perangkat lunak Data awal tersebut dikumpulkan dalam bentuk dokumen untuk menyusun desain perangkat lunak pada tahap berikutnya.

Tahap kedua, dilakukan perancangan model sistem informasi berbasis web yang dibangun diawali dengan menyusun desain dalam bentuk data flow diagram, entity relationship diagram, dan program flow chart. Pekerjaan ini dikerjakan di Laboratorium Komputasi dan Sistem Informasi Politeknik Negeri Jember.

Tahap ketiga, desain program mulai ditulis dalam bentuk kode program PHP dengan database MySQL. PHP language digunakan untuk menulis perintah bahasa pemrograman berbasis web sedangkan MySQL digunakan untuk menyimpan data. Program yang sudah dibangun langsung diuji secara keseluruhan melalui localhost dan online di intranet di Laboratorium Komputasi dan Sistem Informasi Politeknik Negeri Jember.

Tahap keempat, diintegrasikan unit-unit program yang sudah dibangun dan dilakukan testing secara keseluruhan baik secara lokal maupun online menggunakan hosting dan domain resmi yang memiliki IP Publik. Uji coba ini dilakukan di Laboratorium Komputasi dan Sistem Informasi Politeknik Negeri Jember.

Tahap kelima, program yang sudah dibangun dioperasikan pada lingkungan sesungguhnya selama 1 tahun, pada tahap akhir ini juga dilakukan penyesuaian dan update database atau perubahan data sesuai hasil penelitian terbaru

LUARAN

Pada target luaran ini selain akan menghasilkan program perangkat lunak e-journal berbasis web, juga mempublikasikan pada seminar dan diseminasi lokal tentang perancangan dan pembuatan sistem e-journal.

KESIMPULAN

Setelah melakukan studi pendahuluan atas beberapa literature dan aturan pedoman dari DIKTI maka dapat disimpulkan :

1. Diperlukan pembuatan Jurnal Terakreditasi yang online menggunakan system e-journal.

2. Pembuatan jurnal publikasi ilmiah online bisa diselesaikan menggunakan OPEN JOURNAL SYSTEM mengunakan model Prototyping.

UCAPAN TERIMA KASIH

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Ketua Jurusan Teknologi Informasi

2. Kepala Lab. Komputasi dan Sistem Informasi

3. Jajaran pengelola JURNAL INTERNAL

4. Semua pihak yang telah membantu penulisan studi pendahuluan ini.

DAFTAR PUSTAKA

DIRJEN DIKTI, 2009 Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen Ke Lektor Kepala dan Guru Besar

INFORMATIC ENGINEERING, 2009, http://informatics-e.blogspot.com/2012/02/metode-prototyping.html, diunduh pada 6 Oktober 2012

PDII-LIPI, 2012 Jumlah Jurnal Ilmiah Masih Sangat Minim, PDII-LIPI 2,O

Pressman, Roger. S (2001), Software Engineering a Practitioner’s Approach 5th ed, Mc Graww Hills

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s